Om Swastiastu, Om Awighnamastu Namo
Siddham. Om Hrang Hring Sah Parama Siwaditya ya Namah. Terlebih dahulu, kami
haturkan pangaksama mohon maaf ke hadapan Ida Hyang Parama Kawi serta Batara -
Batari junjungan dan leluhur semuanya. Agar supaya, tatkala menceriterakan
keberadaan para leluhur yang telah pulang ke Nirwana, kami terlepas dari kutuk
dan neraka karena diambil dari berbagai sumber informasi, yang mungkin kurang
tepat. Om Tat Pramadat Kesama Swamam. Om Santih
Ajaran Kanda Pat Dewa
Menurut beberapa orang sarjana, para
Dewa menyatakan kekuatan-kekuatan alam.
Iswara menyatakan angin, Brahma
menyatakan api, Mahadewa menyatakan tanah, dan Wisnu menyatakan air
Namun, walaupun di dalam agama
Hindu, termasuk di dalam ajaran Kanda Pat Dewa ini. Dikenal banyak Dewa,
bukanlah berarti tidak mengakui adanya asas Ketunggalan. Seperti yang sudah
dijelaskan dimuka.
“Hanya satu Tuhan Yang Maha Esa
orang arif bijaksana menyebutnya dengan banyak nama”.
Selain
itu, di dalam doa-doa para Arya Weda kita menemukan kecenderungan untuk
memuliakan Dewa-Dewa yang dipuja. Seperti, bila Dewa Wisnu atau Dewa Brahma
yang dipuja, maka Dewa-Dewa tersebut memiliki segala atribut dari Yang Maha kuasa miliki.
Om Swastiastu, Om Awighnamastu Namo
Siddham. Om Hrang Hring Sah Parama Siwaditya ya Namah. Terlebih dahulu, kami
haturkan pangaksama mohon maaf ke hadapan Ida Hyang Parama Kawi serta Batara -
Batari junjungan dan leluhur semuanya. Agar supaya, tatkala menceriterakan keberadaan
para leluhur yang telah pulang ke Nirwana, kami terlepas dari kutuk dan neraka
karena diambil dari berbagai sumber informasi, yang mungkin kurang tepat. Om
Tat Pramadat Kesama Swamam. Om
Ajaran Kanda Pat Dewa
Menurut beberapa orang sarjana, para
Dewa menyatakan kekuatan-kekuatan alam.
Iswara menyatakan angin, Brahma
menyatakan api, Mahadewa menyatakan tanah, dan Wisnu menyatakan air
Namun, walaupun di dalam agama
Hindu, termasuk di dalam ajaran Kanda Pat Dewa ini. Dikenal banyak Dewa,
bukanlah berarti tidak mengakui adanya asas Ketunggalan. Seperti yang sudah
dijelaskan dimuka.
“Hanya satu Tuhan Yang Maha Esa
orang arif bijaksana menyebutnya dengan banyak nama”.
Selain itu, di dalam doa-doa para
Arya Weda kita menemukan kecenderungan untuk memuliakan Dewa-Dewa yang dipuja.
Seperti, bila Dewa Wisnu atau Dewa Brahma yang dipuja, maka Dewa-Dewa tersebut
memiliki segala atribut dari Yang Maha Tinggi, atau Tuhan Yang Maha Esa.
Pandangan ini jelas menyangkal adanya kejamakan para Dewa. Akan tetapi,
walaupun hanya ditekankan satu Ketuhanan, berulang-ulang sejenis trinitas
(trimurti) diakui pada Brahma, Wisnu dan Siwa. Sementara Brahma adalah prinsip
penciptaan, Wisnu adalah pemelihara dan Siwa pelebur. Diantara para Dewa Weda,
Wisnu dan Siwa terus bertahan, dan agama Hindu tanpa Wisnu dan Siwa bukanlah
Agama Hindu. Akhirnya, dengan serangkaian perkembangan Wisnu dan Siwa disamakan
dengan Brahman dalam kitab-kitab Upanisad.
Dalam sebuah Upanisad ada suatu
kutipan yang menarik perhatian sebagai berikut :
“Para Dewa senang tersamar
sedemikian rupa dan tidak menyukai yang menonjol”.
Banyak sarjana yang tidak
memperhatikan kalimat esoterik ini. Dan bila anda memahami makna kalimat
tersebut, anda akan menjadi Manusia setengah Dewa sakti manderaguna. Artinya, bila
anda ingin berhasil menguasai ajaran Kanda Pat Dewa ini, anda
harus memiliki semangat, murah hati, sabar, welas asih, bijaksana memiliki
sifat berkeadilan dan bertoleransi. Jauh dari keberadaannya sadhana, dan
filsafat merupakan pengalaman spiritual.
Dalam Kanda Pat Dewa,
simbolis dan kebenaran, esoteris adalah suatu permainan kecerdasan yang sangat
indah dan mempesona.
Pelajaran tentang Kanda Pat Dewa
mempunyai kesulitan yang sama seperti pesonanya. Mempesona karena beragam
keberadaannya. Sulit karena ia merupakan lambang atau symbol.Inilah ajaran
Kanda Pat Dewa yang bermula dari ajaran Kanda Dewa, yang disebut sebagai
"sanak Dewa, ne melingga
ring Gedong Kusuma, Ida meraga Sang Hyang Siwa"
Dari Sang Hyang Siwa inilah,
kemudian lahir Dewa-Dewa yang lainnya. Seperti, Sang Hyang Rwa Bineda, Sang
Hyang Tiga Sakti, Sang Hyang Panca Dewa, Dewa Nawa Sangga dan sebagainya. Semua
itu adalah merupakan pamurtian atau manifestasi dari Siwa sendiri.
Pada waktu kita lahir ke Dunia ini,
maka pada saat yang sama lahir pula Sang Hyang Tiga Sakti. Beliau Sang Hyang
Tiga Sakti, amor ring Buwana Agung, kemudian dipuja oleh semua makhluk di
Dunia. Beliau bersthana di Pura Desa, Pura Puseh dan Pura Dalem, dalam konsep
Tri Kahyangan Desa. Yang tidak lain adalah Siwa sendiri dalam trinitasnya
sebagai Brahma, Wisnu dan Siwa. Bila melayang-layang di ambara beliau berwujud
Sang Hyang Agni atau Brahma, dan yan sira amarga ring soring pretiwi, beliau
berwujud Sang Hyang Wisnu. Di dalam angga sariranta beliau melingga ring bayu,
sabda lan idep.
Buwana agung dan Buwana alit
Ketika anda akan menelusuri ajaran Kanda
Pat Dewa, maka yang harus anda pahami lebih dahulu adalah pengertian
tentang Buwana agung dan Buwana alit.
Buwana agung adalah jagad Dunia,
alam semesta raya, dan Buwana alit adalah “hati nurani” yang
tersimpan di dalam diri manusia. Namun demikian, walaupun disebut Buwana alit
sesungguhnya ia adalah Buwana agung.
Mengapa bisa demikian?
Karena Buwana Alit, yang berada pada
kedalaman hati nurani manusia akan menggenggam Buwana Agung. Sebab, meskipun
kelihatan kecil, tetapi hati manusia sebenarnya seluas langit dan Bumi. Dalam
istilah Balinya “sing ada gedenan teken keneh”, tidak ada yang
lebih besar dari keinginan manusia.
Termasuk dalam ajaran Kanda Pat Dewa
ini. Karena apa yang ada di Buwana agung, akan kita jumpai pula di dalam Buwana
alit. Seperti Dewa Nawa Sangga misalnya, ada di Buwana agung, berarti ada juga
di Buwana alit. Sebab, pada hakekatnya Buwana agung dan Buwana alit adalah
tunggal.
Beginilah keberadaan para Dewa di
Bhuwana alit, ring angga sariranta, mantra:
Om Bhatara Iswara, ring purwa
prenahira, rupanira putih, kayangan nira ring papusuh, senjatanira Bajra.
Merunira tumpang lima, babahanira ring kuping tengen, wetunira ring idep.
Om Bhatara Maheswara (Mahesora),
ring Gneyan prenahira, rupanira dadu, kayangan nira ring paparu, senjatanira
Dupa, merunira tumpang kutus, babahanira ring kuping kiwa, wetunira ring cita,
lintiran tan salah cita.
Om Bhatara Brahma, ring Daksina
prenahira, rupanira bang, kayangan nira ring ati, senjatanira Danda (Gada),
merunira tumpang siya, babahanira ring mata tengen, wetunira ring panon,
lintiran tan salah panon.
Om Bhatara Rudra, ring neriti
prenahira, rupanira kuning, kayangan nira ring ungsilan, senjatanira Moksala,
merunira tumpang telu, babahanira ring mata kiwa, wetunira ring tutur.
Om Bhatara Mahadewa, ring Pascima
prehanira, rupanira kuning, kayangan nira ring ungsilan, senjatanira Nagapasah,
merunira tumpang pitu, babahanira ring irung tengen, wetunira ring sabda.
Om Bhatara Sangkara, ring wayabya
prenahira, kayangan nira ring limpa, senjatanira Angkus, rupanira gadang,
merunira tumpang besik, babahanira ring irung kiwa, wetunira ring ambek.
Om Bhatara Wisnu, ring utara
prehanira, rupanira ireng kahyangan nira ring ampru, senjatanira Cakra,
merunira tumpang papat, babahanira ring cangkem, wetunira ring
pangwangan.
Om Bhatara Sambu, ring ersanya
prenahira, rupanira biru, kayangan nira ring ineban, senjatanira Trisula,
merunira tumpang nem, babahanira ring pamungkar, wetunira ring bayu.
Om Bhatara Siwa, ring Madya
prenahira, rupanira Mancawarna, kayangan nira ring tumpuking ati, senjatanira
Padma, merunira tumpang solas, babahanira ring papusuh, wetunira ring manah,
lintiranira tan salah manah.
Om Bhatara Guru, haneng madyaning
awyakti prenahira, wetu nira ring adnyana, lintiran angadegaken adnyana. Hyang
Wisesa wetuning angen-angen ring byantara, babahanira ring uneng-unengan,
lintiran angadegaken adnyana. Hyang Wisesa wetuning angen-angen ring byantara,
babahanira ring uneng-unengan, lintiran angen-angen.
Om, Sang, Bang, Tang, Ang, Ing,
Nang, Mang, Sing, Wang, Yang. Amepeki jagat Buwana kabeh, anilahaken paksane,
sakwehing kinaya-upaya, tuju teluh teranjana, desti, pepasangan, sesawangan,
rerajahan, tan tumama ring awak sariranku, apan aku sarining tunjung putih
Bila anda dapat meyakinkan
angrangsukin mantra tersebut di atas, maka akan banyak sekali kegunaannya,
sakwehing gawenya wenang. Dan bila anda hanya akan angrasukin Ajaran
Kanda Pat Dewa, maka mantra tersebut diatas menjadi lebih singkat
sebagai berikut :
Om Bhatara Iswara, ring purwa
prenahira, rupanira putih, kayangan nira ring papusuh, senjatanira Bajra,
Merunira tumpang lima, babahanira ring kuping tengen, wetunira ring idep.
Om Bhatara Brahma, ring Daksina
prenahira, rupanira bang, kayangan nira ring ati, senjatanira Danda (Gada),
merunira tumpang siya, babahanira ring mata tengen, wetunira ring panon,
lintiran tan salah panon.
Om Bhatara Mahadewa, ring Pascima
prenahira, rupanira Kuning, Kayangan nira ring ungsilan, senjatanira Nagapasah,
merunira tumpang pitu, babahanira ring irung tengen, wetunira ring sabda.
Om Bhatara Wisnu,ring utara
prenahira, rupanira ireng kahyangan nira ring ampru, senjatanira Cakra,
merunira tumpang papat, babahanira ring cangkem, wetunira ring pangwangan.
Om Bhatara Siwa, ring madya
prenahira, rupanira Mancawarna, kayangan nira ring tumpuking ati, senjatanira
Padma, merunira tumpang solas, babahanira ring papusuh, wetunira ring manah,
lintiranira tan salah manah.
Om Bhatara Guru, haneng madyaning
awyakti prenahira, wetu nira ring adnyana, lintiran angen-angen.
Om, Sang, Bang, Tang, Ang, Ing,
Nang, Mang, Sing, Wang, Yang. Amepeki jagat Buwana kabeh, anilahaken paksane,
sakwehing kinaya-upaya, tuju teluh teranjana, desti. Pepasangan, sesawangan,
rerajahan, tan tumama ring awak sariranku, apan aku sarining Tunjung Putih”.
Ajaran Siwa Guru, arti sebenarnya
dari Siwa adalah pada siapa alam semesta ini “tertidur” setelah pemusnahan dan
sebelum siklus penciptaan berikutnya. Semua yang lahir harus mati. Segala yang
dihasilkan harus dipisahkan dan dihancurkan. Ini merupakan hukum yang tidak
dapat dilanggar. Prinsip yang menyebabkan keterpisahan ini, daya dibalik
penghancuran ini adalah Siwa. Tapi Siwa lebih daripada itu. Keterpisahan alam
semesta berakhir pada pengurangan tertinggi, menjadi kekosongan tanpa batas,
adalah bagian dari keberadaan, dari mana berulang-ulang muncul alam semesta
yang tampaknya tanpa batas. Kekosongan tanpa batas, adalah bagian dari
keberadaan, darimana berulang-ulang muncul alam semesta yang tampaknya tanpa
batas ini, adalah Siwa. Dengan demikian, walaupun Siwa dilukiskan sebagai yang
bertanggung jawab terhadap penciptaan dan pemeliharaan keberadaan ini. Dalam
pengertian ini. Brahma dan Wisnu juga adalah Siwa.
Dan dalam pengertian Kanda Pat Dewa
ini, Siwa tidak lain adalah Brahman itu sendiri, maka wajarlah kalau semua Dewa
lahir dan lebur kembali kepada-Nya. Seperti yang sudah dijelaskan di muka
bahwa. “Brahman datang kepada pemikiran”, Dia tidak dapat dicapai oleh
pemikiran.
Tetapi kapankah Dia datang?
Dia datang pada saat gejolak
pemikiran tidak ada lagi. Dia hanya datang dalam situasi yang dikendalikan oleh
Siwa. Seperti yang dikatakan oleh Mitologi Hindu, Siwa adalah pengembara di
malam hari Dia dapat dihubungi hanya dalam kegelapan malam. Maka pada malam
harilah, dan hanya disitu saja, Siwa menyampaikan isyarat-isyarat, atau
ajaran-ajaran rahasia lewat saktinya Uma.
Tetapi siapakah Dewi Uma?
Satu diantara arti perkataan Uma
adalah malam. Ini juga berarti ketenangan.
Apakah yang lebih tenang dan hening
daripada malam hari?
Ketika malam tiba, ada sesuatu yang
meresap di dalam kegelapan malam semua kemajemukan telah lenyap. Pikiran yang
terbebaskan dari aktivitasnya pasti berhadapan dengan malam yang kosong ini.
Manusia harus menemukan sifat Brahman secara langsung dan ini dapat terjadi
hanya apabila dalam keadaan pikiran yang terbebaskan dari semua aktivitasnya,
kesadaran manusia itu sendiri tanpa bergeming, dihadapan malam yang belap dan
hening itu. Kemudian sang malam (Dewi Uma) menyampaikan pemberiannya atau
ajarannya kepada manusia. Pemberian, ajaran, anugrah atau wahyu itu datang
tanpa nama dan wujud si pemberi, karena itu manusia tidak tahu siapa yang telah
memberinya, mengajarinya tentang rahasia kehidupan ini. Tapi manusia meyakini
itulah ajaran dari Sang Hyang Siwa Guru.
Inilah ajaran Sang Hyang Siwa Guru.
Ini ilmu pengetahuan suci namanya, jangan diinformasikan kepada orang lain.Ini
cara membuat mantra,yang akan membersihkan badanmu luar-dalam, lahir-batin.
Ajaran rahasia tabik pakulun Sang Hyang Siwa Guru.
Dimanakah stana beliau?
Sang Hyang Siwa Guru bertempat dalam
jantungmu, dan bila beliau keluar dari dalam jantungmu, maka ubun-ubunmu itu
jalannya, Sang Hyang Siwa keluar-masuk pada badanmu. Apabila kamu ingin
memanggil Sang Hyang Siwa Guru, sucikanlah badanmu, budimu, dengan teguh
satukanlah indriya penglihatanmu, indriya penciumanmu, indriya pendengaranmu,
indriya pikiranmu, kumpulkan dengan kegaiban pada hatiu hingga bersatu. Bila
sudah baikberkumpul dalam rasamu, bayangkan Sang Hyang Siwa Guru keluar dari
jantungmu, jalannya keluar adalah dari ubun-ubunmu dengan mantra:
“Om Siwa astiti ya namah”
Masukkan pada ujung hidung,
kembalikan pada pangkal tenggorokkan, disana Sang Hyang Siwa Guru di puja untuk
distanakan dengan mantra:
“Sa Ba Ta A I Na Ma Si Wa Ya,
Namah, Om Om dewa pratista ya namah, Mang Ung Yang”
Astiti dengan mantra:
“Sa Ba Ta A I Na Ma Si Wa Ya, Om
Om Dewa pratista ya namah, Ung Ang Ung Mang Namah”
Bila sudah baik Sang Hyang Siwa Guru
berstana pada tenggorokan, bayangkan di atas perasaanmu pada bulu kaki kanan,
sebagai pasepan dengan mantra : “Ang”, namanya pasepan dalam hati. Bulu
puhu namanya adalah bulu kaki kanan, bayangkan Sang Hyang Siwa Guru menurunkan
api di atas, di tengah dan di bawah. Yang berbadan api di atas adalah darah
bening jantungmu. Yang berbadan api di tengah adalah darah bening hatimu. Yang
berbadan api di bawah adalah darah bening tulang cikta. Ketiga api disatukan
dengan mantra dalam hati, mantra :
“Ong Ung Pat namah”.
Bayangkan Sang Hyang Siwa Guru
sebagai penyebab api ini, bernama api penyebab, itu api pada badanmu, bila
sudah besar keluarkan menuju jalan di luar. Sang Hyang Siwa Guru dibayangkan
membakar kotoran badanmu luar-dalam, dan tiga kotoran (trimala) segala dosamu,
makanan dan minuman yang kotor, penyebab ayah-ibu, wawikon, dan musuhmu dengan
mantra:
Om sarira mityukem, tryanta,
karamyanem, saptongkara bayo nahnem, bhojatawuti tatwa,
Om Kalarudra, phat windhu ya namah
Om Kalarudra, phat windhu ya namah
Apabila telah dibakar segala kotoran
badanmu luar dalam isaplah di atas perasaanmu pada bulu kakimu, sebagai pijakan
kehidupan (amerta), naikkan pada dubur dengan cara:
Ah idep Sang Hyang Siwa Guru,
manjingakena ring tungtunging grana, ulihakena ring otot kolonganta, sakeng
irika anerus anuju ring tungtunging amprunta
Bila air kehidupan sudah pada
empedu, jatuhkanlah pasepan dalam hatimu, namanya memadamkan api pada pasepan
dengan mantra:
Om Siwa Merta ya Namah,
Om Sadasiwa merta ya namah,
Om Paramasiwa merta ya namah.
Om Sadasiwa merta ya namah,
Om Paramasiwa merta ya namah.
Bila sudah padam api itu, keluarkan
asapnya api itu melalui alat pelepasan dengan mantra :
“Ang Namah”
Asap api jatuh di barat daya. Bila
sudah demikian, bayangkan Sang Hyang Siwa Guru turun dari kerongkongan, menuju
pada tutud ineban terus menuju ujung jantung. Di sana Sang Hyang Siwa Guru lagi
lahir dan hidup. Setelah itu, bayangkan Sang Hyang Siwa Guru membuat padma
badanmu.
- Peparu adalah daun padma pada arah Timur, Iswara Dewatanya.
- Ineban daun padma pada arah selatan, Brahma Dewatanya.
- Tutud daun padma adalah arah Barat Daya, Rudra Dewatanya.
- Ungsilan daun padma pada arah barat, Mahadewa Dewatanya.
- Limpa daun padma pada arah barat laut, Sangkara Dewatanya.
- Empedu (ampru) adalah daun padma di utara, Wisnu Dewatanya.
- Tumpuking hati adalah daun padma di timur laut, Sambhu Dewatanya.
- Diantara daun padma, didalamnya sebagai sari dari padma adalah jantungmu, dengan Sang Hyang Siwa Guru sebagai Dewatanya.
Dan ini pemekaran pada di 8 penjuru
angin dengan mantra :
"Om Ang Ung Namah” di barat
laut
“Om ing ing namah” di timur
laut.
“Om ung ung namah” di
timur.
“Om reng reng namah” di
selatan.
“Om leng leng namah” di
Barat.
“Om Aeng-aeng namah” di
utara.
“Om ung ung namah” di
tenggara.
“Om ang ah" di barat
daya.
“Om ah a namah” di tengah
pada jantungmu.
Setelah demikian jalankan Sang Hyang
Siwa Guru, seperti yang sudah dijelaskan di muka, menuju ujung hidungmu, dari
sana terus ke atas, tempatkan di ubun-ubun dengan mantra :
“Om ang ung mang namah”.
Sekarang bayangkan Sang Hyang Siwa
Guru membuat pada di luar badanmu.
- Daun padma di timur, Iswara Dewatanya di bahu kanan tempatnya.
- Daun padma di selatan. Brahma Dewatanya di tengkuk belakang tempatnya.
- Daun padma di barat, Mahadewa Dewatanya, di bahu kiri tempatnya.
- Daun padma di utara, Wisnu Dewatanya di tengkuk depan tempatnya.
- Pelipismu kanan, daun padma di tenggara, Maheswara Dewatanya.
- Kepala di belakang telingamu yang kanan, daun padma di barat daya, Rudra Dewatanya.
- Kepala di belakang telingamu yang kiri, daun padma di barat laut, Sangkara Dewatanya.
- Pelipismu yang kiri, daun padma di timur laut, Sambhu Dewatanya.
- Sebagai asalnya padma, inti jantungmu di tengah, Paramasiwa Dewatanya. Paramasiwa adalah perwujudn dari Sang Hyang Siwaguru.
Ini pebagian pada di luar
berdasarkan aksaranya : Sang di timur. Bhang di selatan. Tang di barat. Ang di
utara. Ing di jantung. Nang di tenggara. Mang di barat daya. Sing di barat
laut. Wang di timur laut. Yang di tengah dalam jantungmu ang a dah namanya,
bertempat di jantungmu di bawah. Mang ur dah namanya, bertempat di jantungmu di
atas.
Bila sudah ada padma diluar dan di
badanmu sebagai intinya padma, sebagai stananya Sang Hyang Siwa Guru lewat mana
berliau selalu mencipta dan menjaga. Maka setelah demikian ucapkanlah pengastawa
padma dengan mantra :
“Om purwantu Iswara Dewam,
agneyan Maheswara, daksina Bhagawan Brahma, nerityam Rudra mewanca, Pascimantu
Mahadewah, Wayabya Sangkara swaha, utaram Wisnu Dewata, arsanya Sambhu siyana,
Madya SadaSiwa Dewam, anah tayaSiwa swasta, urda Paramasiwanca, sara Dewata
udyane”
Kemudian dilanjutkan dengan
mengucapkan mantra berikut, mantra :
“Om Iswara purwa bajrantu, dupa
gneyan Maheswara, danda Brahma daksinanca, neritya Rudra mosalam, pascima
Mahadewa nagapasah, wayabyam Sangkara angkusrakem, Cakranca Wisnutara desa,
aersania Sambhu Trisule. Om Padma Sadasiwa, adah Siwanca Paramasiwa urdwasta,
guru Trisula daranam”
Dan ini adalah mantra pemujaan untuk
sakti beliau, mantra :
“Om Iswara Uma Dewica, Maheswara
Laksmi Dewica, Brahma Saraswati Dewi, Rudra Sentani Dewisca, Mahadewa Sacidewi,
Sangkara Mahadewisca, Wisnu Bhatara Sri Dewi, Sambhudewa Umadewi, madya sawitri
gayastra, Uma tatwa Mahadewam, Ung Ang Ang Ung Ang Ung Ong, Sri Dewi Sangkara
Swaha”
Itulah mantra pengastawa padma di
dalam, namanya padma rangkap. Bila engkau tidak mengetahui pasuk wetu dari
padma rangkep, sebagai tempat jiwamu, menyebabkan pendek umur. Tapi bila kamu
tahu tentang pasuk wetunya padma rangkep, supaya selalu waspada, karena amat
rahasia, jangan disebarkan kepada orang lain, jangan sembarangan bercerita
karena sangat berbahaya.
Ini merupakan ilmu rahasia Sang
Pandita, jarang yang mengerti, karena itu, jangan sembarangan memberikan
kepada orang lain, bisa kuwalat, karena sangat utama, poma-poma-poma.
Rahasiakan menjaga dalam hatimu.
Sekarang ketahuilah pula tata
cara membuat dan meletakkan bhasma (bija) pada dirimu. Ada tiga tempat
meletakkan bhasma atau bija pada dirimu.
- diantara kedua alis mata atau kening.
- di kerongkongan dan ketiga di hulu hati.
Bhasma atau bija ini biasanya
dipakai setelah selesai sembahyang. Yang disebut bhasma atau bija ini adalah,
gosokan cendana ditambah dengan biji beras.
Bhasma atau bija ini taruh di
telapak tangan kiri, disana uraikan biji beras tersebut dengan jari manis dan
ibu jari tangan kananmu. Habis itu, katupkan bhasma atau bija itu dengan tangan
kananmu, lalu diisi mantra. Caranya adalah tangan kanan memegang bhasma atau
bija, dialasi dengan tangan kiri, mantranya :
“Om Ung ksaksa Siwa mka bhasmam,
ksaksa Iswarandanam, ksaksa Kumara wijasca, sarwa papa winasanam, ya namah
swaha”.
Setelah itu lalu kamu memakai bhasma
atau bija dengan tangan kananmu, mantranya :
- "Ung" ring lalata-diantara kedua alis,
- "Mang" ring mulakanta-kerongkongan, dan
- "Ang" ring wredaya-ulu hati.
Tujuan memakai bhasma atau bija ini
adalah, untuk memperkokoh tempat kedudukan Ida Sang Hyang Siwa Guru pada
badanmu, dan untuk menghilangkan dosa di badanmu. Tan hana wong suasta
anulus-tidak ada manusia yang sempurna, begitu kata orang-orang
bijaksana. Karena itu sebagai manusia, disadari atau tidak kamu tidak akan
pernah lepas dari perbuatan-perbuatan salah atau dosa. Maka dari itu, memohon
pengampunan ring Ida Sang Hyang Siwa Guru, adalah sebuah kebaikan. Pujalah Sang
Hyang Siwa Guru dengan mantra yang utama, karena Sang Hyang Siwa Guru dalah
inti dari semua mantra dan juga mulia.
Dan ini adalah mantra memohon
pengampunan ring Ida Sang Hyang Siwa Guru, mantra :
Om ksama swamam Mahadewa, Sarwa
prani hitang karah, Mamoco sarwa papebyah, Palaya swa Sadasiwa.
Om papoham papa karmaham, papatma papo sambawah, Trahimam pundarikaksa, Kenacin nama raksatu.
Om ksantawiya kayiko dosah, ksantawiya wacika mama, ksantawiya manasa dosah, tat pramadat ksama swamam.
Om hinaraksaram hinapadham, hina mantram tat hiwaca, hina bhakti hina wredim, Sada Siwa namastute.
Om mantra hinam, kriya hinam, Bakti hinam Mahrswaram, Yat pujinam Mahadewa, Pari purnam tadas tume.
Om ksamaswamam Jagatnatha, Sarwa pap nirastaram, Sarwa karya minandahem, Prananam sureswaram.
Om twam suryatam Siwakara, Twam rupyo bahim laksana, Twangi sarwa takara, mam karya prajayate.
Om ksamamswamam mahasekta, Yates warya unat makah, Nasa yetsa tanam papam, Sarwa loparyana narana namah swaha
Om papoham papa karmaham, papatma papo sambawah, Trahimam pundarikaksa, Kenacin nama raksatu.
Om ksantawiya kayiko dosah, ksantawiya wacika mama, ksantawiya manasa dosah, tat pramadat ksama swamam.
Om hinaraksaram hinapadham, hina mantram tat hiwaca, hina bhakti hina wredim, Sada Siwa namastute.
Om mantra hinam, kriya hinam, Bakti hinam Mahrswaram, Yat pujinam Mahadewa, Pari purnam tadas tume.
Om ksamaswamam Jagatnatha, Sarwa pap nirastaram, Sarwa karya minandahem, Prananam sureswaram.
Om twam suryatam Siwakara, Twam rupyo bahim laksana, Twangi sarwa takara, mam karya prajayate.
Om ksamamswamam mahasekta, Yates warya unat makah, Nasa yetsa tanam papam, Sarwa loparyana narana namah swaha
Sehabis memohon ampun ring Ida Sang
Hyang Siwa Guru, atau Ida Hyang Jaganatha, maka setelah itu pralina Ida Sang
Hyang Siwa Guru. Ini caranya mempralina. Tutuplah mata ketigamu, satukan ujung
matamu ketiga diantara kedua alis. Bila sudah menyatu, bayangkan sudah praline
Ida Sang Hyang Siwa Guru, masukkan ke dalam jantungmu, jalannya masuk dari
ubun-ubun, dengn mantra :
“Ong Ung Ang Mang”.
Jangan gegabah, jangan
menginformasikan kepada orang lain, karena sangat utama, agar tidak menjadi
kualat oleh Bhataa.
Bila ingin mendapatkan atau
menghidupkan daya mantra, jangan lupa untuk selalu menyucikan diri, dengan
melakukan mandi keramas. Ini adalah mantra untuk mandi keramas, mantra :
Ung Rang Sri windhu Dewi dibya
mahabarem.
Ong Gangga Sindhu Saraswati, wipasakosi kidanam, Yamuna metati sretah, srayunca maha nadhi.
Ong tirtha mijil sakeng lor, angebetaken lara wighna.
Ong tirtha mijil sakeng daksina, angeseng, angempungaken lara roga petaka. Matemahan sang ayu narapati, hening jati sarira ningsung. Ah Siwadwara upeti pat tastra, sudha ya namah.
Ang Ung Mang Tirtha Gangga pwitrani nama siwaya
Ong Gangga Sindhu Saraswati, wipasakosi kidanam, Yamuna metati sretah, srayunca maha nadhi.
Ong tirtha mijil sakeng lor, angebetaken lara wighna.
Ong tirtha mijil sakeng daksina, angeseng, angempungaken lara roga petaka. Matemahan sang ayu narapati, hening jati sarira ningsung. Ah Siwadwara upeti pat tastra, sudha ya namah.
Ang Ung Mang Tirtha Gangga pwitrani nama siwaya
Selain itu, hendaknya selalu astiti
bakti ring Ida Hyang Widhi, Sang Hyang Siwa Guru, mayoga semadhi lewat meditasi
dengan sarana, dupa, kemenyan, cendana, dan majegau. Jangan lupa canang burat
wangi. Ini caranya, duduk bersila menghadap ke timur dengan kokoh, menyatukan
pikiran, dengan hening, memustikarana dengan mempertemukan ibu jari tanganmu
kanan-kiri, mata dipejamkan dan dikosentrasikan seolah-olah memandang ujung
hidung, pertahankan disana, jangan buyar, jangan goyah, jangan ragu-ragu. Bila
sudah demikian mulailah mengucapkan mantra, memusatkan seluruh kesadaranmu pada
mantra dan juga pada badanmu, sebab Sang Hyang Widhi sebagai badanmu, jangan
gegabah, nanti tidak berhasil mantra itu.
cara mengeluarkan Weda mantra.
Satukan perasaanmu, bayu, sabda dan
idepmu. Bayu keluar dari jantung, sabda keluar dari hati, dan idep keluar dari
empedu. Itu disatukan lewat perasaanmu pada ujung lidahmu, dari sana keluarlah
Weda mantra, berjalan di tengah lidahmu, terus ke ujung lidahmu, rahasiakanlah,
jangan gegabah. Bilamana menghadapi musuh sakti mawiseesa, lebih-lebih bila
datang ke tempat peperangan, janganlah kamu lupa kepada Ida Sang Hyang Siwa
Guru, pusatkan pada hatimu, satukan pada bayu sabda idepmu. Bila sudah baik
penyatuannya, bayangkan Sang Hyang Siwa Guru, pusatkan pada hatimu, satukan
pada bayu sabda idepmu. Bila sudah baik penyatuannya, bayangkan Sang Hyang Siwa
Guru keluar dari dalam jantungmu, jalannya keluar dari ubun-ubunmu dengan
mantra :
“Om Siwa astiti ya namah”
Naikkan diantara ke dua alis,
bayangkan dengan berbusana lengkap dan bersenjata, mantra :
“Om na anu swaha”,
"Om namah swaha astawasat”
"Om namah swaha astawasat”
Kemudian naikkan ke Siwadwara,
ubun-ubun. Bayangkan Sang Hyang Siwa Guru berkepala lima, masing-masing kepala
bermata tiga, bertangan sepuluh, bermuka manusia setengah Dewa sakti
manderaguna, dengan senjata Brahmastra, bayangkan beliau menjaga badanmu, bila
sudah demikian, pujalah Sang Hyang Siwa Guru berada di ubun-ubunmu.
Dan bila kamu sudah selesai
berperang, kembali kamu memuja Sang Siwa Guru, praline Sang Hyang Siwa Guru
pulangkan ke tempat asalnya di jantungmu. Ini mantra pralinanya, mantra :
“Om Ung Ang Mang”
Ingat, rahasiakanlah, jangan
gegabah!
Dan janganlah kamu lupa perwujudan
Padma yang ada di luar dan di dalam badanmu, adalah perwujudan dari Sang Hyang
Siwa Guru. Karena Sang Hyang Siwa Guru berwujud Brahma, Wisnu, Iswara,
Maheswara, Mahadewa, Rudra, Sangkara, Sambu, dan Siwa-Sadasiwa-Paramasiwa. Sang
Hyang Siwa Guru adalah perwujudan semua Dewa. Karena Sang Hyang Siwa Guru
sebagai badan yang utama bersemayam di dalam jantungmu.
Maka barang siapa yang ingin
mempelajari ajaran Kanda Pat Dewa, wajib melakukan upacara
ekajati, mawinten-mensucikan diri setingkat dengan
pemangku.
Karena ini adalah ajaran rahasia
sang pandita. Namun sayang, tidak smua pandita mengetahui hal ini. Mereka yang
sudah tinggi tingkat yoganya, siapapun dia akan dapat menaklukkan segala
bahaya, segala yang galak, segala desti, segala racun, segala banjir, segala
yang menyeramkan, segala yang menakutkan. Karena itu bersumber pada dirimu.
Dengan sebatang dupa dapat melebur segala mala petaka dengan mantra
“Om Ang Namah, Om Ung Namah, Om
Mang Namah”
Ini mantra asep pelebur mala namanya.
Ini mantra asep pelebur mala namanya.
Yang dimaksud dengan yoga tingkat
tinggi adalah dengan mengaktifkan tri nadimu. Tri nadi adalah bayu-sabda-idep.
Bayu keluar dari jantung, sabda keluar dari hati, dan idep keluar dari empedu.
Bayu-sabda-idep distukan di puncak hati, baik-baik. Bila sudah baik, bersatu
dipuncak hati, itu namana tri sakti. Maka setelah itu, pujalah Sang Hyang
Taya.
Dimanakah tempat beliau Sang Hyang
Taya?
Di pangkal jantungmu yang dibawah
tempatnya, pada bulu kuduk (gigitok), bening warnaya seperti mata belalang,
itulah wujud Sang Hyang Taya.
Selanjutnya satukanlah Sang Hyang
Taya dengan Tri nadimu yang berada di puncak hatimu, bila sudah baik
penyatuannya, maka kembalikanlah ke tengah hati. Bila memang sudah demikian,
isaplah segala yang membahayakan, segala yang menakutkan, segala yang galak,
segala yang menyeramkan, segala racun, segala desti, segala banjir, dengan
menggunakan mantra :
“Om Ah Sah Kah Wah”
Bayangkan Sang Hyang Taya Agni
membakar itu semua. Karena Sang Hyang Taya sebagai gurunya bahaya, gurunya yang
menakutkan, gurunya galak, gurunya segala racun, gurunya desti, gurunya banjir,
gurunya segala yang menyeramkan, gurunya segala amarah, dibakar oleh Sang Hyang
Taya.
Bila sudah terbakar olehnya,
berikanlah air kehidupan, bayangkan air kehidupan itu turun diantara jantungmu,
jalannya pada selaput kerongkongan yang tengah, menuju pada jantungmu, terus ke
pelepasan, lalu kehatimu, menuju penyatuan rasa. Dari sini air kehidupan
mengalir menyiramkan api di tengah hatimu. Bila kamu sudah selesai memberikan
amerta pada api itu, bila sudah sempurna api itu, maka kembalikan Sang Hyang
Taya ke tempat asalnya, jalannya lewat otot besar di belakang, simpanlah pada
bulu kuduk (gigitok) sebab Sang Hyang Taya sangat sakti, ini Yoga sakti
namanya, jangan gegabah, rahasiakanlah!
kutipan beberapa mantra rahasia untuk berbagai
keperluan.
Ini intisari Kalajastra namanya,
mantrailah setiap hari, jangan berselang, hasilnya kamu akan diajuhi oleh
segala senjata. Ini mantranya :
“Om Hrong Kalajastra ya namah
swaha”
Ini adalah mantra pemujaan senjata
Sang Hyang Iswara, hasilnya menghilangkan penyakit dan dosamu, sehingga
berhasil kerjamu. Mantra :
“Om Ing Sang Iswara ya namah”
Memujalah menghadap ke selatan, Sang
Hyang Brahma pemujaan itu, hasilnya panjang umurmu, mantra :
“Om tang namah swaha"
Memujalah menghadap ke barat,
pemujaan kepada Sang Hyang Mahadewa, hasilnya dapat menghilangkan musuh-musuhmu
dan juga menghilangkan segala penderitaanmu, mantra :
“Om Ang Ung Mang namah swaha”
Memujalah menghadap ke tengah, ke
dalam jantungmu dimana Sang Hyang Siwa Guru bersemayam, hasilnya dijunjung
tinggi oleh masyarakat, karena manjur ucapanmu-sakti sidi ngucap-awet muda dan
panjang umur, sangat utama, jangan gegabah, mantra :
Om ang Brahma Dewata ya namah,
Om Ung Wisnu Dewata ya namah,
Om Mang Iswara Dewata ya namah,
Om I Ba Ta A Ung Yang namah,
Om Sa Ba Ta A I Na Ma Si Wa Ya.
Om Ung Wisnu Dewata ya namah,
Om Mang Iswara Dewata ya namah,
Om I Ba Ta A Ung Yang namah,
Om Sa Ba Ta A I Na Ma Si Wa Ya.
Dan ini adalah pemujaan Rudra
namanya, pakailah setiap hari, panjang umurmu, batal dosamu, segala makananmu
tidak berbahaya, tidak ada guna-guna.
Agem-ageman Sang Hyang Bayu ini,
juga disebut Sang Hyang Kutamantra, menjaga Atma, ini mantranya :
“Om iskamarakya jaya dik swaha”
Semua mantra ucapkan pada malam
hari, hasilnya tidak akan kena kerjaan orang yang berbuat jelek, tidak mampu
dibinasakan oleh orang, berfungsi sebagi penolak segala, rahasiakanlah!
Kesaktian Kanda Pat Dewa
Yan sira wruh mulaning dadi manusa,
ika ingaran jalma luwih, sekala-niskala.
Barang siapa memiliki pengetahuan
tentang sangkan paraning dumadi, maka dialah manusia sakti lahir dan batin.
Mengetahui kesejatian yang utama di Buwana Agung dan Buwana Alit. Waspada di
dalam hati, dengan cara mempertemukan kedua mata dengan mata bumi atau surya.
Itulah yang menjadi sidiyaning yoga sandi, atau rahasia yoga. Carilah air di
samudra, jangan digunung, carilah sinar terang di kalbumu, jangan di muka.
Beginilah
caranya:
pertama, siapkan sarana canang burat wangi, dupa wangi telung
tanding, idep katur ring Sang Hyang Surya, Candra, Lintang Taranggana, trinadi
suksma, bayu sabda idep, mulih ring sabda, dadi sunya tanpa maya, mawas ring
jro, ika sarining darma terus.
Caranya: duduk brsila menghadap ke timur, idepang Sang Hyang Tiga
mijil ring raga, dan juga dri langit, di iringin oleh Dewata Nawa Sangga.
Mantra :
"Ang, Ung, Yang, Na Ma Si Wa
Ya, Ya Ya Ya"
Lakukan ini saat matahari terbit,
atau Surya dawuh tepet, atau sandi kalaning Surya metu, sekitar jam 06.00 wita.
Saat matahari masih berwarna merah. Pandanglah dengan tajam ring soring raditya,
sakeng tepining aditya mingsor, yan hana katon ocah, seperti
manik-sepatika, mirip naga, berarti Hyang Bapa mijil mewayang ring langit.
Kalau kelihatan seperti manik, ocah kadi smerti, berarti Hyang ibu mijil
mewyang ring langit. Yan hana katon kadi Windu mawelu pinggirnya kresna,
berarti manusa sakti mijil ring langit, mewayang ring langit.
Ini adalah tutur menget, pertemuan
Siwa, Sadasiwa, Paramasiwa, menjadi Sah Siwa, mawayang sidi ring langit.
Kemudian juga terlihat adanya wana astadala, memancarkan cahaya aneka warna.
Itu tidak lain adalah Hyang Dewata Nawa Sangga mijil masarira mawayang ring
langit. Putihe Hyang Iswara, dadune Hyang Mahesora, abange Hyang Brahma,
tangine Hyang Rudra, kuninge Hyang Mahadewa, gadange Hyang Sangkara, irenge
Hyang Wisnu, pelunge Hyang Sambu, mancawarnane Hyang Siwa.
Begitulah cirinya manusa sidi, yan
sampun wruh ring raga, sekala-niskala sidi mandi ta kita. Yan dadi yoganira
mangkana pingitakena away wera. Bila sudah memiliki pengetahuan ini maka
simpanlah dengan baik. Dan ini adalah mantra penyimpanannya, mantra :
"Ang, Ah Ya Ya Ya"
Ini bernama tutur jati, bagi mereka
Sang Hyang Wruh ring raga, mawas ring jro, mawas ring jaba, suda luwih
pangawruhing rahayu, tan lali ring raja solah. Makeh wong bakti ring sira,
utama aturu-atangi, menget ring Aji Saraswati, seperti ini. Ada tiga Dewa
malingga ring angga sarira seperti;
- Sang Hyang Gurureka malingga ring idep,
- Sang Hyang Saraswati malingga ring canteling lidah, mingsor-mingluhur, ring otot pasimpangan nira.
- Sang Hyang Kawiswara malingga ring pantaraning papusuh, ring sabda pasuk wetunya.
Ini adalah mantra pangrangsukkannya,
mantra :
“Pukulun Sang Gurureka, Sang
Hyang Kawiswara, Sang Hyang Aji Saraswati, anyusup ring bayu sabda idep,
angisisep sastra, angesep tatwa carita, patastra suda ya namah. Om Saraswati ya
namah, Ang, Ah”
Oleh karena itu, bila ingin panjang
umur, maka ucapkanlah mantra ini, mantra:
"Ang ring nabi (puser), ah
ring siwadwara"
Tapi bia anda ingin mati, atau akan
mengalami kematian maka mantra tersebut dibalik, ini disebut mantra praline
rahasiakanlah. mantra :
"Ah ring nabi (puser), Ang
ring Siwadwara"
Malih yan sira arep ngamong Sang
Hyang Aji Saraswati, maka selalu membersihkan diri pada hari-hari purnama,
tilem, atau hari-hari suci lainnya, dengan mantra sebagai berikut :
“Om sisigku Sang Hyang Menget
tatwa carita, aku Sang Hyang Sidi, sabdaku sastra sarotama, aku Sang Hyang Aji
Saraswati, amengku tatwa carita. Menget aturu, menget atangi, menget carita
patastra, paripurna ya namah swaha. Om Saraswati ya namah”
Selanjutnya dikutipkan beberapa
mantra yang menjadi rahasia kesaktian dari ajaran Kanda Pat Dewa ini. Ini
adalah Pengembak Swara, agar suara kedengaran besar, keras, bergema dan
berwibawa. Caranya : ucapkan mantra tersebut sambil mengunyah jahe. Mantra
:
“Om sagara danu maobak-obakan,
kadi gelap swaraku, tumurun Sang Hyang Widiadara-widiadari, tuninggalin awak
sariranku, teka pada asih, pada welas atine wong kabeh, wirya tar-adarat, ya
nama swaha”
Ini adalah mantra Pamungkem, agar
orang lain tidak berani berbicara sembarangan dengan kita, atau malah menjadi
ngeb, duduk atau berdiri seperti patung. Caranya : ucapkan mantra ini dikuburan
(sema) sebanyak 3x sambil menjumput tanah sema tersebut 3x. Tanah tersebut
ditabur di tempat pertemuan.Mantra :
“Om Sang Buta Wadon, matep ma-tan
manusane, celek kupinge, tekep matane, pecik cunguhne, talinin limane, impus
batisne, sing andeleng aku, teka bungkem 3x"
Ini adalah mantra Pengebek Buwana,
untuk menghisap budinya orang banyak, dan mengumpulkannya di dalam diri.
Sehingga sepintas orang akan melihat kita seperti orang besar atau raksasa.
Mantra :
“Om idep aku anduwat budining
wong kabeh, mulih ring Tri mandalah guying. Budining wong lanang mulih ring
kama petak, budining wong wadon mulih ring kama bang, budining wong kedi mulih
ring kama dadu. Sakwehing jadma manusa, apupul ring awak sariranku, pada
mawijah-wijah, tan waneh sira nggrungu umulat, lah meremnya, Om sidi swaha ya
wong”.
Ini adalah mantra pengingat-ingat,
agar tidak mudah menjadi lupa atau pikun. Dan juga berfungsi supaya mudah untuk
menghapal mantra. Mantra :
“Om pada dirang kayu jati, eling
mantra, inget ati, inget aturu, inget atangi, teka inget ring atinku, ika
panginget-inget” 3x.
Ini adalah mantra panugrahan berguna
untuk berbagai keperluan, asing solah wenang, Siwalingga Gurureka, pradnyan ta
sira. Sarana, toya, kadi tingkahing matoya. Mantra :
“Om Ang Ung Mang, Siwa, Sadasiwa,
Paramasiwa, ring bayu sabda idep, wenang ganal alit, wenang sor luhur paripurna
ya namah swaha Ang Ah Sah Siwa yogaya namah swaha”
Ini adalah pemandi suwara, menjadi
sidi ngucap, maka ucapkan mantra berikut. Mantra :
“Om bungkahing lidah Sang Hyang
kedep, madyaning lidah Sang Hyang sidi, pucuking lidah Sang Hyang mandi, teka
mandi ideping ulun. Om tungtuning bayu, tungtunging idep, mulih ring
tungtungku, sakecapku sidi”
Ini adalah pematuh desti, leak dan
sebagainya, agar tidak mencelakai kita. Mantra :
“Om patuh ih Nini Bhatari Durga,
maring setra Gandamayu, matuhang Dewa patuh, manusa, buta, leak patuh,
gumatap-gumitip pada patuh, mematuhang Bhatari Durga”
Ini adalah pangraksa jiwa, mantra
untuk keselamatan sekala dan niskala. Saran toya, kadi tingkahing matoya,
disucikan dulu dengan mantra berikut ini. Mantra :
“Om ingsun angidepaken Sang Hyang
Sucinirmala, licin, pangawakku sakti, tan kataman aku gering wisya mandi, tan
kataman aku satru leak, aku luput licin. Pangawak aji sapta sunya nirmala, om
sri jagat pake byo nama swaha, Ang Ang Ang Ah”
Ini adalah mantra untuk keselamatan
di jalan, membuat mata orang-orang yang melihat menjadi silau, ulap. Ini
namanya sarining Sang Narayana. Sarananya paes bayu, air ludah, usapkan di
dada. Tentu saja setelah mengucapkan mantra berikut ini. Mantra :
“Om Ang Agni, jalma manusa ulap,
Om desti leak ulap, anguyup ring awak sariranku, sakadi gni ujwala, teka murub”3x.
Ini adalah mantra pengesengan,
pengelebur dasamala ring raga. Juga bisa berguna untuk memusnahkan cetik yang
ada di dalam makanan yang sudah termakan. Ucapkan mantra ini. Mantra :
“Om cangkemku api, upas kalebur
ring pawon, sing manjing teka geseng, sing metu teka geseng”. 3x.
Dilanjutkan dengan mantra :
“Om Bhatara Brahma ring cangkem,
Bhatara Rudra ring weteng, apan Bhatara Rudra maraga sira, sing tumiba teka
geseng”3x.
Lanjutkan lagi,
“Om sing kesampar, sing
kesandung, sing kelangkahan, sing kainem, aja sira ngeracunin, angarubeda,
anyangkala-nyengkali, manggawe ala ring awak sariranku, apan aku pangawakking
Sang Hyang Tunggal”.
Away wera angangge mantra ini,
rahasya temen, saletuh-letuh ring raganta pada sirnya dennya. Jangan
sembarangan menggunakan mantra ini. Tidak boleh dipakai guyonan, karena gaibnya
akan hilang. Dan bila menggunakan mantra-mantra ini, ucapkanlah dalam hati,
jangan sampai kedengaran orang lain. Apalagi memperlihatkan diri sebagai orang
yang berilmu, itu tidak boleh. Rahasiakanlah!
No comments:
Post a Comment